Ini artinya kritis karena populasi kurang dari 100 ekor.
Jumlah populasi badak Jawa (Rhinoceros Sondaicus) menurut perhitungan pengelola Taman Nasional Ujung Kulon mendekati punah. Saat ini, populasi yang teridentifikasi hanya 35 ekor.
“Ini artinya kritis karena populasi kurang dari 100 ekor,” kata Dodi Sumardi, Koordinator Pengendalian Ekosistem Hutan TNUK kepada VIVAnews, Jumat 24 Februari 2012.
Berdasarkan hasil monitoring pada 2011, dia melanjutkan, populasi badak Jawa diperkirakan kurang dari 60 ekor, dengan 35 ekor yang sudah teridentifikasi. Untuk mengantisipasi kepunahan habitat badak Jawa ini, pengelola TNUK melakukan langkah intensif melalui program JRSCA (Javan Rhino Study and Conservation Area), dengan berupaya meningkatkan jumlah populasi badak Jawa.
“Kami perluas habitat binatang ini, juga melakukan penelitian komprehensif tentang badak Jawa,” ucapnya.
Program nasional pemerintah, Dodi melanjutkan, pada 2015 menargetkan populasi badak Jawa menjadi 75 ekor. Upaya lain untuk menjaga populasi ini yakni memonitoring secara terus-menerus badak Jawa melalui video tracking.
Meski demikian, Dodi mengaku terdapat kendala dalam proses ini. Ia mengeluhkan minimnya jumlah kamera pemantau yang ada.
“Kamera kurang dari 40 buah. Ini menjadikan kami harus bagi dalam dua blok,” ujarnya.
Idealnya, dibutuhkan 120 kamera pemantau untuk semua areal hutan lindung ini. Kamera dipasang di hutan selama 8 sampai 9 bulan.
Soal metode monitoring lain, seperti chip pemantau, ia mengatakan memang selama ini wacana itu sudah berkembang. Namun, terbentur pada adaptasi teknologi yang masih mahal. (art)
“Misalnya pemasangan radio collar yang dipantau oleh satelit, masih perlu pre-riset dahulu dan persetujuan para ahli,” ujarnya.
Sabtu, 25 Februari 2012
Tak Kapok Gagal, HP Siapkan Tablet Windows 8
HP pernah gagal saat memperkenalkan tablet TouchPad.
Hewlett-Packard pernah berusaha menyaingi iPad, saat menghadirkan tablet TouchPad. Tapi kemudian, TouchPad gagal di pasaran. Di bawah kepemimpinan CEO saat itu, Leo Apotheker, HP mengibarkan bendera putih.
Walau begitu, HP di bawah kepemimpinan CEO Meg Whitman menyatakan tidak menyerah. HP pun dilaporkan siap merilis tablet di akhir tahun ini, yang akan berbasis Windows 8.
Whitman pun mengatakan HP akan mengerahkan segala upayanya dalam memberikan perlengkapan dan layanan terbaik untuk segmen bisnis.
"iPad itu dahsyat, saya punya satu," kata Whitman dalam percakapan di panggung sebelum bertemu dengan wirausahawan dan eksekutif dalam sebuah acara yang diadakan Wall Street Journal di Silicon Valley.
"Saya menggunakan perangkat ini untuk membaca buku atau menonton. Tapi, saya tidak menggunakannya untuk pekerjaan sebenarnya," ucap Whitman.
Whitman mengatakan HP siap merilis tablet baru yang dikhususkan untuk keamanan, produktivitas, dan kompatible dengan jaringan bisnis. "Ada tren besar untuk BYOD (Bring Your Own Device) dalam bekerja, yang tentunya bagus jika tidak ada gangguan keamanan," tutur Whitman.
Ucapan Whitman tersebut merujuk tingginya penggunaan perangkat mobile dalam bekerja, terutama iPad dan iPhone. "Kami memberikan alternatif," ucap Whitman.
HP memutuskan terjun di pasar tablet tahun lalu dengan memperkenalkan TouchPad. Tablet ini menjalankan sistem operasi WebOS yang merupakan bagian dari pembelian Palm oleh HP sebesar US$ 1,2 miliar pada 2010. Tapi, produk ini dianggap gagal, dan tak laku di pasaran.
Manajemen akhirnya berjanji membuat WebOS yang tersedia untuk komunitas open source, pada September lalu. Ini berarti para pengembang di mana pun dapat menggunakannya, dan sistem operasi itu tersedia secara gratis.
Kantor Pusat HP di Palo Alto, California, meninggalkan rencananya untuk membuat smartphone dan komputer tablet dengan menggunakan platform itu.
Hewlett-Packard pernah berusaha menyaingi iPad, saat menghadirkan tablet TouchPad. Tapi kemudian, TouchPad gagal di pasaran. Di bawah kepemimpinan CEO saat itu, Leo Apotheker, HP mengibarkan bendera putih.
Walau begitu, HP di bawah kepemimpinan CEO Meg Whitman menyatakan tidak menyerah. HP pun dilaporkan siap merilis tablet di akhir tahun ini, yang akan berbasis Windows 8.
Whitman pun mengatakan HP akan mengerahkan segala upayanya dalam memberikan perlengkapan dan layanan terbaik untuk segmen bisnis.
"iPad itu dahsyat, saya punya satu," kata Whitman dalam percakapan di panggung sebelum bertemu dengan wirausahawan dan eksekutif dalam sebuah acara yang diadakan Wall Street Journal di Silicon Valley.
"Saya menggunakan perangkat ini untuk membaca buku atau menonton. Tapi, saya tidak menggunakannya untuk pekerjaan sebenarnya," ucap Whitman.
Whitman mengatakan HP siap merilis tablet baru yang dikhususkan untuk keamanan, produktivitas, dan kompatible dengan jaringan bisnis. "Ada tren besar untuk BYOD (Bring Your Own Device) dalam bekerja, yang tentunya bagus jika tidak ada gangguan keamanan," tutur Whitman.
Ucapan Whitman tersebut merujuk tingginya penggunaan perangkat mobile dalam bekerja, terutama iPad dan iPhone. "Kami memberikan alternatif," ucap Whitman.
HP memutuskan terjun di pasar tablet tahun lalu dengan memperkenalkan TouchPad. Tablet ini menjalankan sistem operasi WebOS yang merupakan bagian dari pembelian Palm oleh HP sebesar US$ 1,2 miliar pada 2010. Tapi, produk ini dianggap gagal, dan tak laku di pasaran.
Manajemen akhirnya berjanji membuat WebOS yang tersedia untuk komunitas open source, pada September lalu. Ini berarti para pengembang di mana pun dapat menggunakannya, dan sistem operasi itu tersedia secara gratis.
Kantor Pusat HP di Palo Alto, California, meninggalkan rencananya untuk membuat smartphone dan komputer tablet dengan menggunakan platform itu.
Jumat, 24 Februari 2012
Mio J "Bunuh" Generasi Lawas
Kehadiran Mio J akan menjadi babak baru bagi Yamaha Indonesia untuk terjun ke era injeksi.
Kehadiran Mio J akan menjadi babak baru bagi Yamaha Indonesia untuk terjun ke era injeksi di kelas motor matik. Generasi Mio terbaru ini memang diplot untuk menggantikan Mio lawas yang masih menggunakan sistem karburator.
Produsen berlambang garpu tala ini bahkan sudah memasang target selama 4-6 bulan perpindahan Mio dari versi karburator ke injeksi. "Kehadiran Mio J memang diperuntukan sebagai edukasi awal bagi konsumen untuk bermigrasi dari karburator ke injeksi," kata General Manager Marketing dan Promosi Yamaha Motor Indonesia Eko Prabowo di sela-sela acara touring dan launching Mio J di Yogyakarta, Jumat 24 Februari 2012.
Mio J menjadi motor matik pertama yang sistem pasokan mesinnya menggunakan Fuel Injection (FI) terbaru yang disebut Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI).
"Sistem injeksi YMJET-FI sangat menguntungkan bagi konsumen, karena motor semakin irit namun tetap kencang. Mio J mampu menampilkan performa tinggi dengan konsumsi BBM lebih irit 30 persen," kata Eko.
Namun sistem injeksi ini masih belum familiar di konsumen tanah air. Sebab, sistem injeksi dikenal sulit diperbaiki ketika mengalami kerusakan, dan masih minimnya bangkel-bengkel yang bisa menangani motor injeksi. "Itu juga yang membuat kami sudah mempersiapkan secara matang ketika siap meluncurkan Mio J," ujarnya.
Salah satunya melakukan edukasi kelebihan dan keuntungan dari sistem injeksi ke konsumen melalui media, komunitas klub motor, dan blogger. Selain itu, kata Eko, Yamaha juga menyiapkan para tenaga mekanik yang sudah mengetahui sistem injeksi. "Kami lakukan pelatihan ke seluruh mekanik di bengkel-bengkel Yamaha. Tahun ini sekitar 2.500 bengkel di Indonesia sudah siap dengan teknologi YMJET-FI. Jadi konsumen tidak perlu takut dan repot ketika memiliki Mio J," ujarnya.
Lahirnya Mio J secara tidak langsung akan mulai memensiunkan generasi lawas Mio, seperti Mio CW, Sporty, Soul yang mengusung sistem karburator. "Otomatis jika sudah migrasi semua ke Mio J, permintaan pasar untuk Mio generasi karburator akan menurun. Jika sudah tidak ada lagi permintaan, ya tidak akan diproduksi," katanya.
Seperti diketahui, secara keseluruhan total penjualan Yamaha dari Januari hingga Desember 2011 adalah 3.147.873 unit. Kontribusi tertinggi masih berasal dari Mio, yang menorehkan penjualan 1.475.243 unit. Yamaha sendiri telah memasang target 3,7 juta unit penjualan di tahun 2012, dimana 25 persennya adalah Mio J.
Mio J mengusung mesin 4-langkah, 2 valve, SOHC, berpendingin kipas dan berkapasitas 113 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 rpm.
Selain sistem suplai bahan bakar yang menggunakan YMJET-FI, masih ada teknologi lain yang diaplikasi di Mio J. Seperti Diasil Cylinder dan Forged Piston, yang menjadikan jantung Mio J lebih handal, awet, tahan lama. Klik di sini untuk mengetahui rahasia di balik keiritan Mio J.
Mio J memiliki ruang bagasi cukup luas dengan daya tampung 8 liter. Bagasi ini bisa menyimpan banyak barang seperti jas hujan, sepatu ganti dan tas kecil. Selain itu daya tampung tangki BBM juga lebih banyak yaitu 4,8 liter.
Mio J-FI dibanderol seharga Rp11,99 juta, Mio J CW-FI Rp12,8 juta, dan Mio J-CW Teen FI Rp12,93 juta. Harga tersebut on the road Jakarta dan sekitarnya.
Kehadiran Mio J akan menjadi babak baru bagi Yamaha Indonesia untuk terjun ke era injeksi di kelas motor matik. Generasi Mio terbaru ini memang diplot untuk menggantikan Mio lawas yang masih menggunakan sistem karburator.
Produsen berlambang garpu tala ini bahkan sudah memasang target selama 4-6 bulan perpindahan Mio dari versi karburator ke injeksi. "Kehadiran Mio J memang diperuntukan sebagai edukasi awal bagi konsumen untuk bermigrasi dari karburator ke injeksi," kata General Manager Marketing dan Promosi Yamaha Motor Indonesia Eko Prabowo di sela-sela acara touring dan launching Mio J di Yogyakarta, Jumat 24 Februari 2012.
Mio J menjadi motor matik pertama yang sistem pasokan mesinnya menggunakan Fuel Injection (FI) terbaru yang disebut Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI).
"Sistem injeksi YMJET-FI sangat menguntungkan bagi konsumen, karena motor semakin irit namun tetap kencang. Mio J mampu menampilkan performa tinggi dengan konsumsi BBM lebih irit 30 persen," kata Eko.
Namun sistem injeksi ini masih belum familiar di konsumen tanah air. Sebab, sistem injeksi dikenal sulit diperbaiki ketika mengalami kerusakan, dan masih minimnya bangkel-bengkel yang bisa menangani motor injeksi. "Itu juga yang membuat kami sudah mempersiapkan secara matang ketika siap meluncurkan Mio J," ujarnya.
Salah satunya melakukan edukasi kelebihan dan keuntungan dari sistem injeksi ke konsumen melalui media, komunitas klub motor, dan blogger. Selain itu, kata Eko, Yamaha juga menyiapkan para tenaga mekanik yang sudah mengetahui sistem injeksi. "Kami lakukan pelatihan ke seluruh mekanik di bengkel-bengkel Yamaha. Tahun ini sekitar 2.500 bengkel di Indonesia sudah siap dengan teknologi YMJET-FI. Jadi konsumen tidak perlu takut dan repot ketika memiliki Mio J," ujarnya.
Lahirnya Mio J secara tidak langsung akan mulai memensiunkan generasi lawas Mio, seperti Mio CW, Sporty, Soul yang mengusung sistem karburator. "Otomatis jika sudah migrasi semua ke Mio J, permintaan pasar untuk Mio generasi karburator akan menurun. Jika sudah tidak ada lagi permintaan, ya tidak akan diproduksi," katanya.
Seperti diketahui, secara keseluruhan total penjualan Yamaha dari Januari hingga Desember 2011 adalah 3.147.873 unit. Kontribusi tertinggi masih berasal dari Mio, yang menorehkan penjualan 1.475.243 unit. Yamaha sendiri telah memasang target 3,7 juta unit penjualan di tahun 2012, dimana 25 persennya adalah Mio J.
Mio J mengusung mesin 4-langkah, 2 valve, SOHC, berpendingin kipas dan berkapasitas 113 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 rpm.
Selain sistem suplai bahan bakar yang menggunakan YMJET-FI, masih ada teknologi lain yang diaplikasi di Mio J. Seperti Diasil Cylinder dan Forged Piston, yang menjadikan jantung Mio J lebih handal, awet, tahan lama. Klik di sini untuk mengetahui rahasia di balik keiritan Mio J.
Mio J memiliki ruang bagasi cukup luas dengan daya tampung 8 liter. Bagasi ini bisa menyimpan banyak barang seperti jas hujan, sepatu ganti dan tas kecil. Selain itu daya tampung tangki BBM juga lebih banyak yaitu 4,8 liter.
Mio J-FI dibanderol seharga Rp11,99 juta, Mio J CW-FI Rp12,8 juta, dan Mio J-CW Teen FI Rp12,93 juta. Harga tersebut on the road Jakarta dan sekitarnya.
Ini Tempat Belanja Online Terpopuler di 2012
5 situs belanja online terpopuler adalah Tokobagus, Kaskus, Bhineka, Bekas, dan Rakuten.
Pada 10 sampai 14 Februari lalu, Markplus Insight dan Marketeers Magazine menggelar survey bertajuk 'Merek dalam Persaingan Berebut Kue Netizen dan Mobile Market Indonesia'.
Survei yang merupakan bagian dari studi pasar online di Indonesia tersebut dilakukan terhadap 635 responden pemilik telepon dan pengguna internet di enam kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan dan Makasar. Di setiap kota, jumlah responden ditentukan secara proporsional.
Menggunakan metode survei tersebut, Markplus mengklaim, tingkat kepercayaan mencapai 95 persen dan margin of error penelitian kurang lebih 3,9 persen. Adapun survey juga dilakukan untuk menentukan brand terfavorit di kategori Content Provider Most Popular Online Shop Brand.
Dari 5 nominator The Most Popular Online Shop Brand di segmen situs niaga yakni Tokobagus.com, Kaskus.us, Bhineka.com, Bekas.com, Rakuten.co.id, ternyata Tokobagus.com berhasil meraih paling banyak suara.
“Penghargaan yang diberikan Markplus dan Marketeers ini cukup mengejutkan mengingat kompetisi di dunia online saat ini cukup ketat,” kata Arnold Sebastian Egg, salah satu pendiri Tokobagus, 24 Februari 2012. “Meski begitu, ini sekaligus sebagai sebuah tanggung jawab bagi kami untuk memberikan yang terbaik bagi industri e-commerce di Indonesia,” ucapnya.
Remco Lupker, yang juga merupakan founder dari Tokobagus menyebutkan, pihaknya melihat kesempatan ini sebagai tanggung jawab untuk meningkatkan pelayanan pada pengguna.
Sebagai informasi, ajang Indonesia Brand Champion Award 2012 diberikan pada pelaku industri di bidang teknologi, komunikasi, informatika, serta perangkat selular dan digital.
Penghargaan diberikan dalam beberapa kategori yaitu merek terpopuler untuk brand handset, operator selular, internet/data mobile operator, internet/data wire ISP operator, laptop, netbook, situs niaga dan situs berita.
Pada 10 sampai 14 Februari lalu, Markplus Insight dan Marketeers Magazine menggelar survey bertajuk 'Merek dalam Persaingan Berebut Kue Netizen dan Mobile Market Indonesia'.
Survei yang merupakan bagian dari studi pasar online di Indonesia tersebut dilakukan terhadap 635 responden pemilik telepon dan pengguna internet di enam kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan dan Makasar. Di setiap kota, jumlah responden ditentukan secara proporsional.
Menggunakan metode survei tersebut, Markplus mengklaim, tingkat kepercayaan mencapai 95 persen dan margin of error penelitian kurang lebih 3,9 persen. Adapun survey juga dilakukan untuk menentukan brand terfavorit di kategori Content Provider Most Popular Online Shop Brand.
Dari 5 nominator The Most Popular Online Shop Brand di segmen situs niaga yakni Tokobagus.com, Kaskus.us, Bhineka.com, Bekas.com, Rakuten.co.id, ternyata Tokobagus.com berhasil meraih paling banyak suara.
“Penghargaan yang diberikan Markplus dan Marketeers ini cukup mengejutkan mengingat kompetisi di dunia online saat ini cukup ketat,” kata Arnold Sebastian Egg, salah satu pendiri Tokobagus, 24 Februari 2012. “Meski begitu, ini sekaligus sebagai sebuah tanggung jawab bagi kami untuk memberikan yang terbaik bagi industri e-commerce di Indonesia,” ucapnya.
Remco Lupker, yang juga merupakan founder dari Tokobagus menyebutkan, pihaknya melihat kesempatan ini sebagai tanggung jawab untuk meningkatkan pelayanan pada pengguna.
Sebagai informasi, ajang Indonesia Brand Champion Award 2012 diberikan pada pelaku industri di bidang teknologi, komunikasi, informatika, serta perangkat selular dan digital.
Penghargaan diberikan dalam beberapa kategori yaitu merek terpopuler untuk brand handset, operator selular, internet/data mobile operator, internet/data wire ISP operator, laptop, netbook, situs niaga dan situs berita.
Macam-macam diskusi
1. Sarasehan/ Simposium
Adalah pertemuan dengan beberapa pembicara atau para ahli yang mengemukakan sebuah pidato atau pendapat tentang suatu hal masalah dalam bidang tertentu.
2. Seminar
Adalah pertemuan para pakar ilmu pengetahuan yang berusaha untuk mendapatkan kata sepakat dalam suatu hal.
3. Santiaji
Adalah pertemuan/ pengarahan singkat yang digunakan untuk pengarahan/ pelatihan menjelang pelaksanaan kegiatan.
4. Lokakarya/ Sanggar Kerja
Adalah pertemuan antara sesama pakar ahli dalam bidang tertentu yang membahas masalah praktis atau masalah yang bersangkutan dengan bidangnya.
5. Muktamar
Adalah pertemuan para wakil organisasi untuk berunding atau bertukar pendapat mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama.
6. Konferensi
Adalah pertemuan untuk membahasa suatu masalah yang dihadapi bersama.
7. Diskusi Panel
Adalah pertemuan yang dilangsungkan oleh panelis dan disaksikan oleh para pendengar, lalu diatur oleh seorang moderator.
8. Diskusi Kelompok
Adalah pertemuan untuk mencari pemecahan masalah yang dilakukan oleh suatu kelompok kecil.
9. Ceramah
Adalah pidato yang dilakukan oleh seseorang dihadapan orang banyak.
10. Khotbah
Adalah pidato yang berisikan ajaran agama, sepeti : khotbah jumat di masjid.
11. Kasualis
Adalah penelitian bersama atas satu masalah konkret, lalu mengandung berbagai macam kemungkinan jalan keluar. Konkret sendiri maksudnya nyata, benar-benar ada, dapat dilihat, dsb.
Adalah pertemuan dengan beberapa pembicara atau para ahli yang mengemukakan sebuah pidato atau pendapat tentang suatu hal masalah dalam bidang tertentu.
2. Seminar
Adalah pertemuan para pakar ilmu pengetahuan yang berusaha untuk mendapatkan kata sepakat dalam suatu hal.
3. Santiaji
Adalah pertemuan/ pengarahan singkat yang digunakan untuk pengarahan/ pelatihan menjelang pelaksanaan kegiatan.
4. Lokakarya/ Sanggar Kerja
Adalah pertemuan antara sesama pakar ahli dalam bidang tertentu yang membahas masalah praktis atau masalah yang bersangkutan dengan bidangnya.
5. Muktamar
Adalah pertemuan para wakil organisasi untuk berunding atau bertukar pendapat mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama.
6. Konferensi
Adalah pertemuan untuk membahasa suatu masalah yang dihadapi bersama.
7. Diskusi Panel
Adalah pertemuan yang dilangsungkan oleh panelis dan disaksikan oleh para pendengar, lalu diatur oleh seorang moderator.
8. Diskusi Kelompok
Adalah pertemuan untuk mencari pemecahan masalah yang dilakukan oleh suatu kelompok kecil.
9. Ceramah
Adalah pidato yang dilakukan oleh seseorang dihadapan orang banyak.
10. Khotbah
Adalah pidato yang berisikan ajaran agama, sepeti : khotbah jumat di masjid.
11. Kasualis
Adalah penelitian bersama atas satu masalah konkret, lalu mengandung berbagai macam kemungkinan jalan keluar. Konkret sendiri maksudnya nyata, benar-benar ada, dapat dilihat, dsb.
Isi Pulsa Ponsel via ATM Lebih Menguntungkan
Pelanggan yang mengisi pulsa lewat jaringan bank akan mendapatkan bonus hingga 30%.
Biaya yang harus dikeluarkan oleh masyarakat semakin hari semakin meningkat. Untuk itu, mereka harus melakukan berbagai cara untuk menghemat pengeluaran. Termasuk biaya yang dikeluarkan untuk menggunakan jasa layanan seluler.
Untuk itu, Axis, salah satu operator penyedia layanan telekomunikasi GSM di Indonesia coba menghadirkan program yang membantu pelanggannya untuk lebih berhemat, saat mengisi ulang pulsa lewat berbagai bank yang menjadi mitra operator tersebut.
“Setiap pelanggan yang melakukan isi ulang pulsa melalui jalur layanan perbankan elektronik, seperti ATM, mobile banking, internet banking, dan sebagainya, mereka akan mendapat bonus pulsa hingga 30%,” kata Syakieb Sungkar, Direktur Sales Axis Telekom Indonesia, 23 Februari 2012.
Bonus pulsa ini, kata Syakieb, bisa digunakan untuk menelepon, SMS, maupun akses internet. Adapun sudah 24 bank yang bekerjasama dengan Axis dalam program tersebut.
“Program Bonus Isi Ulang Pulsa ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggan setia kami, sekaligus memberi kesempatan pada mereka untuk lebih berhemat,” kata Syakieb. “Biaya komunikasi, baik menelepon, mengirim SMS, maupun akses internet dapat dikurangi dengan menggunakan bonus pulsa ini,” ucapnya.
Semua pelanggan aktif yang melakukan isi ulang pulsa elektronik melalui layanan yang tersedia di berbagai bank yang bekerja sama dengan Axis akan langsung mendapat bonus isi ulang pulsa hingga 30% dari nilai isi ulang pulsanya.
“Pelanggan yang melakukan isi ulang pulsa Rp 50.000 akan mendapat bonus pulsa 20%, sedangkan yang melakukan isi ulang pulsa Rp100.000 akan mendapat pulsa 30%,” kata Syakieb. “Bonus akan diterima paling lambat dalam 2x24 jam,” klaimnya.
Bonus pulsa dapat digunakan untuk telepon dan SMS ke seluruh operator yang ada di Indonesia, serta menikmati akses internet, sepanjang hari. Masa aktif bonus 15 hari setelah bonus diterima. Sayangnya, program bonus isi ulang pulsa yang berlaku per hari ini tersebut hanya digelar hingga 31 Mei 2012.
Biaya yang harus dikeluarkan oleh masyarakat semakin hari semakin meningkat. Untuk itu, mereka harus melakukan berbagai cara untuk menghemat pengeluaran. Termasuk biaya yang dikeluarkan untuk menggunakan jasa layanan seluler.
Untuk itu, Axis, salah satu operator penyedia layanan telekomunikasi GSM di Indonesia coba menghadirkan program yang membantu pelanggannya untuk lebih berhemat, saat mengisi ulang pulsa lewat berbagai bank yang menjadi mitra operator tersebut.
“Setiap pelanggan yang melakukan isi ulang pulsa melalui jalur layanan perbankan elektronik, seperti ATM, mobile banking, internet banking, dan sebagainya, mereka akan mendapat bonus pulsa hingga 30%,” kata Syakieb Sungkar, Direktur Sales Axis Telekom Indonesia, 23 Februari 2012.
Bonus pulsa ini, kata Syakieb, bisa digunakan untuk menelepon, SMS, maupun akses internet. Adapun sudah 24 bank yang bekerjasama dengan Axis dalam program tersebut.
“Program Bonus Isi Ulang Pulsa ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggan setia kami, sekaligus memberi kesempatan pada mereka untuk lebih berhemat,” kata Syakieb. “Biaya komunikasi, baik menelepon, mengirim SMS, maupun akses internet dapat dikurangi dengan menggunakan bonus pulsa ini,” ucapnya.
Semua pelanggan aktif yang melakukan isi ulang pulsa elektronik melalui layanan yang tersedia di berbagai bank yang bekerja sama dengan Axis akan langsung mendapat bonus isi ulang pulsa hingga 30% dari nilai isi ulang pulsanya.
“Pelanggan yang melakukan isi ulang pulsa Rp 50.000 akan mendapat bonus pulsa 20%, sedangkan yang melakukan isi ulang pulsa Rp100.000 akan mendapat pulsa 30%,” kata Syakieb. “Bonus akan diterima paling lambat dalam 2x24 jam,” klaimnya.
Bonus pulsa dapat digunakan untuk telepon dan SMS ke seluruh operator yang ada di Indonesia, serta menikmati akses internet, sepanjang hari. Masa aktif bonus 15 hari setelah bonus diterima. Sayangnya, program bonus isi ulang pulsa yang berlaku per hari ini tersebut hanya digelar hingga 31 Mei 2012.
Tanaman Berusia 30 Ribu Tahun Dihidupkan Lagi
Ini pembudidayaan tanaman dari jaringan kuno paling tua di dunia.
Terkubur selama 30.000 tahun di tundra atau padang rumput beku Siberia, ilmuwan Rusia berhasil menghidupkan kembali tanaman berbunga kecil dan kurus. Sebuah pembudidayaan tanaman dari jaringan kuno paling tua di dunia.
Tanaman itu dinamai Silene stenophylla, tumbuh dan menghasilkan bunga putih dengan kelopak berenda.
"Ini sangat menarik," kata Jane Shen-Miller, biologis dari University of California, Los Angeles, yang tak terlibat dalam penelitian itu, seperti dimuat situs sains LiveScience. "Ini berasal dari jaringan purba, katakanlah sekitar 30.000 tahun lalu, ini sangat, sangat menarik."
Shen-Miller sebelumnya memimpin proyek yang membangkitkan benih teratai berusia 1.300 tahun dari China Utara. Kelompok ilmuwan lain pada tahun 2005 berhasil menumbuhkan kembali benih pohon kurma berusia 2.000 tahun dari Israel -- yang sebelumnya memegang rekor tertua. Apa yang dihasilkan para ilmuwan Rusia itu jelas melampaui semua pencapaian yang pernah dilakukan para ahli.
Dalam studi yang dipublikasikan, Senin 20 Februari 2012 di jurnal, Proceedings of the National Academy of Sciences, para peneliti dari Russian Academy of Sciences tidak secara langsung menumbuhkan kecambah dari benih, melainkan mengambil jaringan buah yang belum matang.
Jaringan buah itu berasal dari liang hewan yang membeku di Sungai Kolyma, di timur laut Siberia. Di lubang itulah, binatang sejenis tupai menyimpan puluhan ribu bibit dan buah -- yang tetap awet karena pembekuan. Uji radiokarbon menunjukkan jaringan buah yang kembali dihidupkan itu berusia antara 28.000 hingga 32.000 tahun lalu.
Para ilmuwan membiakkan jaringan tersebut dalam media kaya nutrisi. Sel dari jaringan ini punya kemampuan untuk bertransformasi menjadi semua bagian tumbuhan. Mereka tumbuh menjadi bibit saat para ilmuwan menanam ke dalam tanah.
"Tanaman ini memiliki mekanisme untuk bertahan hidup dalam lingkungan yang keras," kata Shen-Miller. Sebab, sebagian besar bibit tumbuhan akan mati dalam waktu beberapa tahun. Namun, beberapa di antaranya, termasuk lotus berusia 1.300 tahun dan S. stenophylla memiliki mekanisme menjaga DNA-nya.
Kebangkitan menakjubkan tumbuhan ini menjadi petunjuk, bagaimana manusia bisa memperbaiki DNA, suatu hal yang mungkin bisa bermanfaat bagi pencegahan kanker di masa depan.
Genetika tumbuhan luar biasa itu mungkin juga berguna jika diaplikasikan pada tanaman modern. Karena bibit tanaman masa kini yang disimpan cepat kehilangan nutrisi dan kemampuan untuk tumbuh. "Mereka memiliki sumber daya DNA untuk kita pelajari."
Terkubur selama 30.000 tahun di tundra atau padang rumput beku Siberia, ilmuwan Rusia berhasil menghidupkan kembali tanaman berbunga kecil dan kurus. Sebuah pembudidayaan tanaman dari jaringan kuno paling tua di dunia.
Tanaman itu dinamai Silene stenophylla, tumbuh dan menghasilkan bunga putih dengan kelopak berenda.
"Ini sangat menarik," kata Jane Shen-Miller, biologis dari University of California, Los Angeles, yang tak terlibat dalam penelitian itu, seperti dimuat situs sains LiveScience. "Ini berasal dari jaringan purba, katakanlah sekitar 30.000 tahun lalu, ini sangat, sangat menarik."
Shen-Miller sebelumnya memimpin proyek yang membangkitkan benih teratai berusia 1.300 tahun dari China Utara. Kelompok ilmuwan lain pada tahun 2005 berhasil menumbuhkan kembali benih pohon kurma berusia 2.000 tahun dari Israel -- yang sebelumnya memegang rekor tertua. Apa yang dihasilkan para ilmuwan Rusia itu jelas melampaui semua pencapaian yang pernah dilakukan para ahli.
Dalam studi yang dipublikasikan, Senin 20 Februari 2012 di jurnal, Proceedings of the National Academy of Sciences, para peneliti dari Russian Academy of Sciences tidak secara langsung menumbuhkan kecambah dari benih, melainkan mengambil jaringan buah yang belum matang.
Jaringan buah itu berasal dari liang hewan yang membeku di Sungai Kolyma, di timur laut Siberia. Di lubang itulah, binatang sejenis tupai menyimpan puluhan ribu bibit dan buah -- yang tetap awet karena pembekuan. Uji radiokarbon menunjukkan jaringan buah yang kembali dihidupkan itu berusia antara 28.000 hingga 32.000 tahun lalu.
Para ilmuwan membiakkan jaringan tersebut dalam media kaya nutrisi. Sel dari jaringan ini punya kemampuan untuk bertransformasi menjadi semua bagian tumbuhan. Mereka tumbuh menjadi bibit saat para ilmuwan menanam ke dalam tanah.
"Tanaman ini memiliki mekanisme untuk bertahan hidup dalam lingkungan yang keras," kata Shen-Miller. Sebab, sebagian besar bibit tumbuhan akan mati dalam waktu beberapa tahun. Namun, beberapa di antaranya, termasuk lotus berusia 1.300 tahun dan S. stenophylla memiliki mekanisme menjaga DNA-nya.
Kebangkitan menakjubkan tumbuhan ini menjadi petunjuk, bagaimana manusia bisa memperbaiki DNA, suatu hal yang mungkin bisa bermanfaat bagi pencegahan kanker di masa depan.
Genetika tumbuhan luar biasa itu mungkin juga berguna jika diaplikasikan pada tanaman modern. Karena bibit tanaman masa kini yang disimpan cepat kehilangan nutrisi dan kemampuan untuk tumbuh. "Mereka memiliki sumber daya DNA untuk kita pelajari."
Langganan:
Postingan (Atom)